Thursday, March 20, 2014

Perbedaan Windows 8 dan Windows 8.1



Lama menggunakan komputer, tentu saja anda sudah mengenal yang namanya OS (Operating system) pada komputer. dalam bahasa indonesia, istiah OS lebih dikenal dengan sebutan Sistsem Operasi. Sistem operasi komputer sejauh ini sudah sangat banyak jenisnya. yang palin sering di gunakan adalah sistem operasi windows dan linux. namun, secara umum, pengguna komputer lebih banyak yang menggunakan Microsoft windows.


Di zaman yang modern ini tentu semua kalangan sudah menggunakan komputer. Dan di dalam setiap komputer pasti memiliki OS (Operating System) atau dalam bahasa Indonesia, istilah OS lebih dikenal dengan sebutan Sistem Operasi. Ada banyak jenis sistem operasi dan yang paling sering digunakan adalah windows dan linux. Namun secara umum, pengguna komputer lebih banyak yang menggunakan Microsoft Windows.

Windows sendiri memiliki beberapa versi dari mulai Windows 1.0, Windows 2.x sampai versi terbarunya yaitu Windows 8 dan Windows 8.1

Perbedaan yang paling tampak dari windows 8 dengan windows versi sebelumnya adalah pada tampilan menu startnya. windows 8 membawa model menu start yang paling berbeda, dimana tampilannya berupa winmetro, yang sangat berbeda dengan windows versi sebelumnya. namun, perbedaan ini sepertinya menimbulkan banyak ketidakpuasan dari pengguna windows, pengguna windows lebih suka menggunakan windows dengan start menu tradisional seperti halnya pada windows 7 dan windows XP. inilah yang nampaknya menggerakkan microsoft untuk merilis kembali versi terbaru dari windows 8, dimana start menunya di kembalikan seperti pada windows 7 dan XP.

Versi terbaru dari windows 8 adalah windows 8.1. windows 8.1 ini di rilis tanggal 18 oktober kemarin. di bandingkan dengan windows 8, windows 8.1 jelas memiliki perbedaan dengan windows 8. Berikut ini adalah beberapa perbedaan 

Ukuran Tile
Ukuran tile pada windows 81 jauh lebih fleksibel jika di bandingkan dengan windows 8. di windows 8.1 anda dapat dengan mudah dan cepat mengubah ukuran tilenya. berikut perbedaannya :

Ukuran Tile di Windows 8

Ukuran Tile di Windows 8.1


Group Tile
Seperti halnya dalam mengubah ukuran tile, lagi lagi windows 8.1 lebih unggul dalam hal mengganti nama group tile. anda tidak kesulitan dalam mengubah nama group tile, cukup klik kanan pada grup tile yang besangkutan, kemudian ganti nama group tile anda. jauh lebih mudah dan sederhana di bandingkan dengan windows 8.

Merubah Grup Tile di Windows 8

Merubah Grup Tile di Windows 8.1



Personalization Start Screen
Dalam windows 8, untuk mengatur personalization start screen anda perlu masuk ke PC setting dulu. tapi ini sangat berbeda dengan windows 8.1, setting perzonalisation dapat dilakukan secara langsung melalui start screen. anda cukup klik kanan, kemudia perzonalise.

Personalize di Windows 8

Personalize di Windows 8.1



App List
Untuk tampilan, umumnya sama saja. namun app list di windows 8.1 dan windows 8 memiliki sedikit perbedaan. jika dalam windows 8 app list tidak bisa di urutkan, pada windows 8.1 anda di berikan fitur untuk mengurutkan list aplikasi anda.

Application List di Windows 8

Application List di Windows 8.1



Tombol Start
Jika anda sudah lama menggunakan windows 8, tentu saja tau tentang menu start di windows 8. dalam windows 8, tombol start menu tidak tersedia. namun jika anda mengarahkan kursor mouse ke arah pojok kiri bawah, maka sebuah tombol start akan muncul. hal ini berbeda dengan tombol start di windows 8.1, tombol start sudah tersedia layaknya windows 7 dan XP.


Menu Shut Down di Klik Kanan Tombol Start
Yang ini tentu sudah banyak yang mengetahui. ketika di tombol start menu windows 8, maka akan muncul tampilan menu tambahan. silahlkan baca kembali artikel fitur fitur windows 8 yang jarang di ketahui orang. dalam windows 8.1 juga tersedia menu tambahan ini, namun bedanya, dalam windows 8.1, di lengkapi fitur shut down, sleep, restart, dan lain lain. ini memungkinkan anda lebih cepat saat mematikan komputer anda. tidak seperti windows 8 yang harus melalui charm bar.

Menu di klik kanan Taskbar Windows 8

Menu di klik kanan Taskbar Windows 8.1



File Eksplorer
Umumnya tidak banyak perbedaan dari segi tampilan. bedanya hanya pada menu libraries. jika dalam windows 8 masih tersedia menu Libraries yang berisi picture, video, document dan music, dalam windows 8.1 menu libraries sudah di hilangkan. selain itu, menu "Komputer" Berubah menjadi "This PC".

Computer di Windows 8

This PC di Windows 8.1



Internet Explorer
Jika dalam windows 8 masih menggunakan Internet Eksplorer 10 sebagai browser default, maka pada windows 8 sudah menggunakan internet explorer 11. IE 11 merupakan versi terbaru, yang tentu saja juga memiliki fitur fitur yang lebih baik jika dibandingkan dengan IE versi sebelumnya.

Internet Explorer 10 di Windows 8

Internet Explorer 11 di Windows 8.1

Itu adalah beberapa perbedaan yang ada pada Windows 8 dan Windows 8.1. Tentu dengan adanya beberapa fitur-fitur tambahan akan menarik para pengguna untuk meng-upgrade Windows 8 ke Windows 8.1. Dan lagi, bagi pengguna Windows 8 bisa meng-upgrade Windows 8.1 secara gratis dari Windows Store.

Sumber : sekolahcepatpintar & winpoin + beberapa perubahan


No comments:

Post a Comment