Saturday, March 22, 2014

Perkembangan Jeans dari Waktu ke Waktu


Jeans tentu tidak terdengar asing karena bisa dibilang setiap orang pasti mempunyai paling tidak sebuah jeans, baik celana ataupun jaket. Berikut adalah sejarah atau perkembangan jeans dari waktu ke waktu.

Nama jeans pertama kali datang dari sejenis bahan yang dibuat di Eropa. Nama jeans diambil dari para pelaut Genoa di Italia. Pelaut ini selalu mengenakan pakaian yang terbuat dari bahan jean. Bahan tersebut terbuat dari katun, linen dan/atau wol. Kemungkinan besar kata ‘jean’ berasal dari bahasa Perancis, bleu de Genes atau celana biru dari Genoa, dan kita kenal hingga sekarang dengan Blue Jeans.


Dimulai dari seorang yang bernama Levi Strauss yang hijrah dari negeri Jerman yang hanya bermodal beberapa potong tekstil. Pada masa itu Levi Strauss menjual potongan celana yang telah ia buat dari kumpulan potongan tekstil tersebut kepada para pekerja tambang. Itulah awal nya celana jeans dilahirkan, yang dulu nya hanya di gunakan oleh para pekerja tambang di Amerika Serikat sampai mendapat julukan “celana kelas pekerja”. Celana kanvas buatan Strauss ini sangat di gemari oleh para pekerja, karena celana ini tahan lama dan tidak mudah sobek ataupun rusak. Disini lah Strauss mulai membuat inovasi-inovasi baru untuk membuat bermacam-macam jeans dengan menggunakan bahan-bahan yang ia pesan dari Genoa, Italia. Bahan yang ia pesan tersebut bernama “genes” dan setelah itu Strauss celup kan dengan warna indigo dari situ lah nama nya diubah menjadi “bluejeans” dan disini lah mulai terbit nya istilah “those pants of levi’s” dan muncul nya nama dagang pasar yang bernama “levi’s”, ini lah merk jeans pertama kali muncul di dunia.

Pada awalnya, celana jeans hanya digunakan oleh para pekerja tambang lama kelamaan jeans tersebut menjadi pakaian yang casual dan umum. Jeans benar-benar menjadi trend berkualitas, makin kesini perancang-perancang dunia mulai menggunakan jeans sebagai bahan dasar untuk mengekspresikan kreativitas mereka. Pada tahun 1980-an para perancang top dunia seperti Armani, Klein dan Versace mulai mengangkat jeans sebagai bahan yang bisa tampil anggun dengan rancangan mereka. Perkembangan jeans mulai berkembang tidak hanya itu-itu saja jenis nya, perancang mulai menyiptakan berbagai macam yang menggunakan bahan dasar jeans. Beberapa jenis-jenis jeans ada sebagai berikut:

1. Straight Cut

Jenis jeans straight cut ini adalah model jeans yang paling biasa, biasanya jatuh di bagian pinggang dan bentuk nya lurus sampai mata kaki. Dulu sebelum masa Skinny Jeans booming, banyak wanita yang menggunakan model jeans biasa seperti ini. Biasanya digunakan oleh wanita.

2. Boot Cut

Jeans jenis boot cut atau flare-cut ini adalah model jeans yang jatuh di bagian pinggang dan longgar di bagian kaki, dari lutut bawah sampai mata kaki. Setelah zaman straight cut, wanita di seluruh dunia mulai memakai boot cut ini, mode ini cukup lama di pakai oleh wanita-wanita di kalangan dulu namun banyak juga wanita yang masih menggunakan model straight cut. Biasanya digunakan oleh wanita.

3. Wide Cut

Wide cut adalah jenis jeans yang hampir sama seperti boot cut namun perbedaan antara wide cut dan boot cut ini, wide cut jatuh dibagian pinggang dan longgar dari bagian paha sampai bagian mata kaki. Jenis jeans ini juga pernah menjadi mode di kalangan anak muda dan ibu-ibu. Banyak sekali yang menggunakan jeans ini di karenakan model nya yang sangat trendy. Biasanya digunakan oleh wanita.

4. Skinny Jeans

 Setelah keluarnya model wide cut, perancang juga mulai mengeluarkan model-model baru salah  satunya adalah skinny jeans. Skinny jeans ini jatuh di bagian pinggang dan model nya mengecil sampai mata kaki, model jeans ini hampir menyerupai legging hanya perbedaan nya legging menggunakan bahan kain sedangkan skinny jeans ini menggunakan bahan jeans. Skinny jeans menjadi trend masa kini yang sangat fashionable hampir semua kalangan muda maupun tua memakai jeans ini sampai sekarang. Muncul nya skinny jeans yang sangat booming ini membuat model-model jeans yang jauh lebih nyaman di pakai mulai dilupakan. Walaupun model skinny jeans ini ketat dan kurang nyaman, namun sangat disukai oleh kalangan wanita. Biasanya digunakan oleh wanita.

5.  Cropped Jeans

Model cropped jeans ini berbeda dengan yang lain, panjang jeans model ini tidak mencapai mata kaki melainkan hanya ¾ aja. Biasanya digunakan untuk acara santai dan tidak digunakan untuk acara-acara formal. Biasanya digunakan oleh kaum wanita.

6. Boyfriend Jeans

Boyfriend jeans adalah jeans pria. Jeans ini berpotongan gombrong dari bagian atas sampai bagian bawah. Kadang jeans ini suka di lipat sampai bagian atas sesuai selera mereka, ini merupakan salah satu gaya yang diminati oleh pria.

7.  High Rise

Model high rise atau sering juga di sebut high waist sekarang mulai di gemari oleh kalangan muda di Indonesia ataupun seluruh dunia. Bentuk dari jeans ini berbeda, biasanya jeans di mulai dari pinggang namun ini di mulai dari atas pinggang. Bentuk bawahnya bisa seperti skinny jeans bisa juga seperti boot cut, sesuai dengan keinginan kita. Biasanya digunakan oleh wanita.

8.  Low Rise

Beda nya low rise dengan high rise simpel, high rise dimulai dari atas pinggang beda nya low rise dimulai dari pinggul. Untuk bagian bawah nya juga sama seperti high rise bisa seperti skinny jeans bisa juga seperti boot cut, sesuai dengan pilihan kita lebih nyaman memakai jenis yang seperti apa. Biasanya digunakan oleh wanita.

sumber: labsky2012 + foto (thinkstock)

No comments:

Post a Comment