Sunday, December 29, 2013

Kondisi Transportasi di Jakarta

Tentu semua orang mendambakan alat transportasi yang aman, nyaman dan bebas dari kemacetan. Tetapi rupanya kondisi transportasi di Jakarta saat ini bisa dibilang belum memenuhi harapan warga Jakarta.

Salah satu alasan yang paling penting adalah tidak terciptanya rasa aman saat menggunakan alat transportasi umum. Ada kecemasan-kecemasan yang dirasakan antara lain seperti rasa tidak aman akan adanya pencopet atau bahkan penodong. Hal ini merupakan hal yang paling sering dirasakan oleh para mengguna kendaraan umum, rasa tidak aman yang timbul secara natural karena ada banyaknya kasus pencopetan dan penodongan di dalam angkutan umum. Hal lain yang lebih ekstrim adalah penculikan dan pemerkosaan.

Fakta lain mengenai kondisi transportasi di Jakarta yaitu angkot yang suka ngetem atau berhenti di tempat-tempat strategis untuk menunggu penumpang lain. Untuk beberapa orang yang terburu-buru pasti hal ini sangatlah menyebalkan. Karena mereka harus menunggu hingga angkot terisi penuh dan baru berangkat.

Fasilitas di dalam angkutan umum sendiri bisa dibilang masih belum memadai. Misalnya AC busway yang berfungsi namun masih tetap terasa pengap. Meskipun begitu, pemerintah sudah berupaya untuk meluncurkan armada baru dan diharapkan busway tidak terasa pengap dalam kondisi sesak oleh penumpang.

Oleh karena itu, jika pemerintah ingin warga masyarakat untuk menggunakan alat transportasi umum, diharapkan pemerintah bisa membuang jauh-jauh anggapan masyarakat mengenai angkutan umum yang penuh dengan pencopet dan penodong, karena saya rasa itu merupakan hal paling penting dan mendasar untuk mengambil hati para warga yang akan menggukanan alat transportasi umum.

No comments:

Post a Comment