Monday, December 30, 2013

How to be Grateful?



Mensyukuri apa yang telah kita miliki saat ini bukanlah hal yang mudah. Setiap manusia pasti akan selalu merasa kurang, kurang dan kurang. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk yang tidak bisa merasa puas dengan mudah, misalnya, hari ini kita ingin A, kemudian kita akan melakukan apapun untuk mendapatkan A. Dan pada keesokan harinya kita ingin B, meskipun kita telah berjuang untuk mendapatkan A, pasti ada hasrat dan keinginan untuk mendapatkan B, bagaimanapun caranya.




Saat kita merasa tidak bersyukur atas apa yang telah kita miliki, pasti saat itu juga kita akan mulai menyalahkan Tuhan dan berfikir "kenapa hidup saya seperti ini?". Padahal, ada banyak hal yang bisa kita syukuri, contoh yang paling jelas yaitu bersyukur masih diberi kesempatan untuk hidup. Dan contoh yang lain yaitu saat kita makan makanan yang tidak enak, bersyukurlah karena masih banyak orang diluar sana yang harus mengais sampah untuk makan. 

Rasa ketidakpuasan atas apa yang telah kita raih merupakan hal yang wajar, karena kita selalu melihat ke atas, ke tingkatan yang lebih tinggi dari kita. Coba lihat ke bawah, lihat mereka yang tidak seberuntung kita. And try to put yourself in their shoes, it must be really hard and yet you're still complaining about your life.

Mungkin post-an kali ini terdengar sangat membual karena jujur saja saya juga masih belum bisa bersyukur sepenuhnya atas apa yang saya miliki. But at least I tried to be more thankful and I will always try to.

Mengeluh atas apa yang telah kita miliki merupakan hal yang sudah sangat biasa. Tetapi ketika kita bisa mensyukuri segala keterbatasan dari apa yang kita miliki sekarang merupakan hal yang sangat luar biasa. So please be grateful for everything you've got.

No comments:

Post a Comment