Monday, November 18, 2013

Phobia dan Contoh Phobia yang Unik



Fobia (phobia) adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Seseorang akan menjadi sangat takut (yang berlebihan) saat melihat benda atau hewan yang ditakutinya karena dalam bayangan si pengidap phobia ini, subjek tersebut menjadi benda atau hewan yang sangat besar, sangat menjijikan dan menakutkan.


Ada beberapa macam phobia yang unik, seperti takut boneka, takut air, takut kucing dan lain-lain. Mungkin bagi kita yang tidak mengidap phobia akan merasa lucu dan penasaran kenapa mereka takut dengan boneka. Tapi bagi seseorang yang memiliki phobia terhadap boneka bisa menjadi sangat ketakutan saat melihat boneka. Hal itu disebabkan oleh fiksasi. Fiksasi adalah suatu keadaan dimana mental seseorang menjadi terkunci, yang disebabkan oleh ketidak-mampuan orang yang bersangkutan dalam mengendalikan perasaan takutnya.

Berikut adalah contoh dari beberapa phobia yang unik:

1. Autophobia (Takut Sendirian)

Autophobia adalah rasa takut kesepian atau kesendirian yang tidak wajar dan terus-menerus. Penderita merasa khawatir akan diacuhkan dan tidak dicintai. Dalam beberapa kasus, fobia ini bisa menjadi lebih ekstrim, menyebabkan orang mengembangkan ketakutan yang tidak masuk akal pada dirinya sendiri.

2. Pediophobia (Takut dengan Boneka)

Phobia ini sebenarnya masih bisa dimaklumi. Pediophobia merupakan rasa takut akan boneka atau figure sejenis yang menggambarkan wujud manusia, seperti manekin atau robot berwujud manusia. Benda mati yang menyerupai manusia, terutama tekstur wajah, bisa terlihat mengerikan bahkan oleh yang bukan penderita phobia ini.

3. Spectrophobia (Takut dengan Cermin atau Refleksi)

Rasa takut pada cermin atau refleksi merupakan hal yang luar biasa. Para penderitanya memiliki alasan masing-masing mengenai phobia ini. Ada yang berpendapat kalau cermin adalah pintu masuk menuju dimensi lain. Ada juga yang takut pada image diri sendiri.

Saya sendiri memiliki phobia terhadap ulat bulu. Setiap saya melewati sebuah pohon, saya akan berlari-lari kecil karena saya takut jika seandainya ada seekor ulat bulu yang jatuh dan menempel ditubuh saya. Jadi, phobia akan sesuatu bukanlah hal yang aneh atau tidak wajar, karena dalam imajinasi si penderita phobia, "sesuatu" itu dapat terlihat seperti monster atau hal mengerikan lainnya. Cara mengatasi phobia yaitu dengan psikoterapi atau melawan rasa takut kita sendiri. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment