Saturday, May 31, 2014

Perkembangan dan Harapan untuk TIMNAS U-19

Dalam keterpurukan sepakbola Indonesia, Timnas U-19 Indonesia atau yang dijuluki sebagai 'Skuad Garuda Muda' sudah menorehkan banyak prestasi yang membanggakan di tahun 2013 kemarin dan membangkitkan kembali semangat sepakbola nasional. Berkat arahan coach Indra Sjafri, Timnas Garuda Jaya membuka harapan pecinta sepakbola di tanah air bahwa Indonesia kini berada di jalur yang benar  dan menuju ke tingkat Asia bahkan dunia.

Memang tak ada yang menyangka jika tim asuhan Indra Sjafri dapat melangkah di luar dugaan. Ketika Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah AFF U-19 Youth Championship 2013, masyarakat sebenarnya tak memiliki harapan banyak. Namun keberhasilan tim yang dikapteni Evan Dimas itu akhirnya bisa membuat masyarakat tersenyum lebar. Hal itu terjadi setelah Timnas U19 berhasil mencetak prestasi ganda.

Di ajang AFF U-19 Garuda Jaya berhasil keluar sebagai pemenang usai menaklukkan Vietnam di final dalam drama adu penalti, akhir September lalu. Belum kering rasa euforia masyarakat, Timnas U-19 kembali membuat bangsa Indonesia bangga setelah mempermalukan Korea Selatan dengan skor tipis 3-2 di ajang Kualifikasi AFC U-19 Championship.

Ketika itu Evan Dimas mencetak hattrick sekaligus memastikan kemenangan Indonesia atas Korea Selatan yang berstatus juara bertahan AFC U-19. Setelah memastikan lolos ke Myanmar 2014, Timnas U-19 masih memiliki satu tugas lagi yaitu masuk ke Piala Dunia U-20 yang akan diselenggarakan di Selandia Baru 2015 mendatang.

Namun untuk bisa lolos ke Selandia Baru, Indonesia harus bisa masuk ke empat besar AFC U-19 di Myanmar. Meski lawan yang dihadapi lebih berat, pelatih asal Padang itu masih sangat optimis dengan skuatnya. Coach Indra Sjafri mengaku dirinya sangat yakin bahwa anak didiknya akan lolos ke empat besar karena dengan persiapan tiga bulan saja skuatnya bisa juara AFF dan bisa juara grup kualifikasi Piala Asia, apalagi saat ini dengan persiapan yang kurang lebih satu tahun.

Semoga di tahun 2014 penampilan Timnas Indonesia U-19 bisa semakin baik, sehingga mampu berprestasi di ajang Piala Asia dan melaju ke Piala Dunia U-20 tahun 2015. Terima kasih Timnas Garuda Jaya karena telah membangkitkan kembali semangat sepakbola nasional dan juga semoga bisa terus membuat Indonesia bangga baik di ajang asia maupun dunia. 

sumber : Sidomi + dengan perubahan.

No comments:

Post a Comment