Monday, October 14, 2013

Tips and Trick to Learn Bahasa Indonesia

Assalamualaikum, Hello, 안녕하세요?

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tentang tips and trick untuk belajar bahasa Indonesia. Terutama bahasa Indonesia yang baik dan benar. Pasti kalian semua tau kan kalau bahasa Indonesia banyak macamnya, maksud saya, bahasa gaul yang diciptakan oleh anak muda Indonesia sendiri seperti slang dll. Hahahaha. Berikut adalah tips dan trik untuk belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar.

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Tips yang pertama, jangan malas-malas untuk membuka kamus besar bahasa Indonesia jika kamu menemukan bahasa Indonesia yang tidak kamu pahami artinya. Jika membuka kamus pasti kamu akan langsung mengingat kamus bahasa asing, tapi ternyata tidak hanya bahasa asing lho, karena kamus bahasa Indonesia juga penting. Jika kamu tidak memahami arti dari bahasa sendiri, bagaimana cara kamu memahami arti atau makna dari bahasa asing? 

2. Menghindari Bahasa Gaul

Mungkin tips yang satu ini terdengar aneh, namun hal ini cukup penting untuk belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar. Yaitu dengan mendhindari bahasa gaul atau biasa disebut sebagai bahasa alay. Mengapa? Karena bahasa-bahasa tersebut dapat mempengaruhi bahasa yang kita gunakan sehari-hari. Namun kita juga perlu tau tentang arti dari bahasa-bahasa gaul tersebut, supaya jika teman kita mencemooh kita dengan bahasa tersebut, kita tau apa maksud dan tujuannya.

3. Memperbanyak Berbicara dengan Bahasa Baku

Mungkin jika kita sudah bertemu teman-teman sebaya, pasti kita akan berbicara dengan bahasa yang terkesan 'seenaknya'. Mulai sekarang cobalah untuk berbicara dengan bahasa yang sopan dan baku. Karena berbicara dengan bahasa baku apa lagi dengan teman sebaya bisa sangat membantu dalam memperbaiki tata bahasa kita. Dan bahasa yang kita gunakan akan terdengar lebih baik dan sopan.

Mungkin demikianlah tips dan trick untuk belajar bahasa Indonesia. Semoga tulisan ini membantu!

No comments:

Post a Comment