Saturday, October 19, 2013

Keistimewaan Sistem Operasi Android Terbaru, KitKat 4.4

KitKat? Jujur saja hal pertama yang muncul di pikiran saya adalah sebuah cokelat. Tapi bagi Android User, ternyata KitKat adalah sistem operasi terbaru yang merupakan lanjutan dari sistem operasi sebelumnya, Jelly Bean 4.3.


Versi-versi dari Android sebelumnya adalah: Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream, Jelly Bean dan kali ini sistem operasi andalan Google ini menggunakan nama sebuah produk cokelat yang terkenal yaitu KitKat. Semua nama versi dari Android tersebut sesuai dengan abjad dan ada kemungkinan jika Google akan terus menggunakan nama-nama dessert dan menyesuaikan dengan abjad sebelumnya. Versi sebelum KitKat adalah Jelly Bean, para Android User menyangka bahwa seri terbaru dari Android yang harus menggunakan abjad K adalah Key Lime Pie, namun dugaan ini salah karena Google memutuskan untuk memakai KitKat sebagai seri terbaru dari Android. Berarti abjad setelah K adalah L, mungkinkah versi lanjutan dari KitKat adalah Lemon Bars atau Lemon Pie?

Ada beberapa fitur yang diperkirakan akan hadir dalam Android KitKat 4.4 ini, antara lain:

1. Display layar high definition yang lebih baik, termasuk mendukung resolusi 4K yang mulai populer belakangan ini.

2. Improvisasi ketahanan baterai, yaitu dengan menghadirkan built-in power saving mode bawaan android, bukan hanya buatan vendor ponsel.

3. Jika prosesor dual core dan quad core sudah sangat umum, maka mungkin android bisa memberikan terobosan unik dengan mendukung prosesor tri core seperti bentuk coklat KitKat yang terdiri dari 3 buah.

4. Sinkronisasi SMS antar perangkat. Sinkronisasi SMS antar perangkat diyakini sebagai solusi untuk pengguan android yang suka bergonta ganti SIM dan perangkat. Melalui fitur ini diharapkan nantinya pengguna dapat menyimpan SMS di kartu SIM, kartu SD, ataupun melalui cloud service sehingga nantinya para pengguna dapat mengaksesnya diperangkat manapun yang ia gunakan.

Diharapkan juga Android versi terbaru ini dapat dijalankan pada perangkat Android sebelumnya yang memiliki RAM dengan kapasitas 512MB dengan lancar. Karena perangkat tersebut tidak bisa menjalankan Android seri Ice Cream dan Gingerbread secara maksimal.

Itulah beberapa fitur yang diharapkan dapat memaksimalkan ponsel atau perangkat-perangkat Android yang telah banyak digunakan oleh berjuta-juta pecinta gadget.

No comments:

Post a Comment